LABORATORIUM

LABORATORIUM PEMBELAJARAN MULTI EDUCATION


Laboratorium Multi education merupakan perkembangan dari Laboratorium Bahasa. seiring perkembangan teknologi, laboratorium bahasa konvensional merupakan investasi yang mahal untuk kegiatan belajar mengajar. kami anggap lab. bahasa konvensional terlalu mahal dikarenakan fungsi yang di tawarkan oleh lab. bahasa konvensional terbatas hanya untuk kegiatan belajar mengajar mata pelajaran tertentu saja.

Kami percaya, laboratorium bahasa merupakan investasi pendidikan yang akan tetap bermanfaat bagi siswa. Selain itu pengadaan laboratorium bahasa akan mempercepat proses pengajaran bahasa bagi siswa. Namun kami memiliki gagasan, lab bahasa kurang efektif dan terlalu boros jika berfungsi hanya untuk mempercepat proses belajar bahasa saj.

maka berdasarkan alasan tersebut, kami mengembangkan fungsi labolatorium menjadikannya sebuah labolatorium multi edukasi. keunggulan dari lab ini antara lain sbb:
  1. Laboratorium Bahasa
    1. KOMUNIKASI
      Guru dapat berkomunikasi dengan seluruh siswa, guru berkomunikasi dengan satu siswa atau
      lebih, guru dapat memonitor kegiatan siswa secara acak atau berurutan, siswa dapat
      berkomunikasi dengan siswa yang lainnya, Guru dapat mengirim program melalui headphone
      atau speaker ruangan.
    2. PELAJARAN PERCAKAPAN
      Program ini dibagi 3 jenis percakapan antara lain : secara berpasangan, secara acak atau secara
      berkelompok
    3. PROGRAM MENDENGAR, MENGIRIM & INTERAKTIF PELAJARAN
      Program dari guru dapat disalurkan melalui headphone siswa untuk pelatihan mendengar
      (listening) dan percakapan (speaking) materi pelajaran. Semua materi percakapan dapat dengan
      mudah direkam oleh guru melalui Tape Recording Master atau Computer Master.
    4. LA MULTI LINE GROUP
      Fungsi Master Control dapat memberikan program pada siswa sesuai dengan group masingmasing
    5. OPENED CONFERENCE
      Sekelompok siswa mengadakan percakapan dengan guru yang dapat didengarkan oleh siswa
      yang lainnya.
    6. CLOSED CONFERENCE
      Sekelompok siswa mengadakan percakapan dengan guru yang tidak dapat didengarkan oleh
      siswa yang lainnya.
    7. LABORATORIUM MULTI EDUCATION
      STUDENT CALL
      Apabila siswa hendak bertanya pada instruktur, siswa cukup menekan tombol call pada student
      console dan instruktur bisa langsung mengetahui nama siswa yang bertanya tanpa harus melihat
      ke siswa tersebut.
    8. VISUAL
      Guru dapat mengaktifkan video pada monitor siswa / proyektor dengan fasilitas full screen, tetapi
      guru masih dapat memonitor siswa dengan chanel siswa dan dapat berkomunikasi dengan siswa,
      dengan tampilan pada monitor guru berbeda monitor siswa.
    9. PAIRING
      Siswa dapat belajar berpasangan dengan siswa yang lain dengan control dari master/guru. Guru
      dapat memonitor komunikasi yang berpasangan dan juga dapat bekomunikasi dengan pasangan
      yang diaktifkan oleh guru.
    10. INTERCOM
      Percakapan secara langsung yang dilakukan oleh guru dengan siswa maupun sekelompok siswa.
    11. MONITORING
      Guru dapat mendengar percakapan siswa tanpa diketahui oleh siswa yang bersangkutan.
    12. INDIVIDUAL
      Guru secara acak dapat berkomunikasi dengan siswatanpa didengar oleh siswa yang lain.
    13. ALL CALLS
      Semua siswa mendengar percakapan atau interuksi dari guru melalui headphone masing-masing.
    14. GROUPING
      System komunikasi dapat dibagi menjadi dua kelompok dengan nomor ganjil dan nomor genap,
      apabila guru memberikan materi yang berbeda.
    15. PEREKAMAN
      Guru dapat melakukan perekaman komunikasi melalui tape deck/computer master baik
      komunikasi antar siswa ataupun komunikasi guru dengan beberapa siswa.
    16. English Software (Pre Elementry – Advance)
      System ini memudahkan pembelajaran Bahasa Inggris dari tingkat pemula sampai dengan mahir.
  2. Student Database
    1. REGISTRATION
      Semua guru dan siswa sebelum memasuki program pembelajaran harus melakukan registrasi
      sesuai dengan no induk pegawai atau NIP guru / NIS siswa yang bersangkutan.
    2. MANAGEMENT DATA SISWA
      Guru dapat mengatur data-data siswa. Untuk input data secara masal disediakan fitur import
      dari format Microsoft Excel (dengan ketentuan tertentu).
  3. Multiple Choice
    1. Sistem menyediakan lembar kerja elektronik (Elektronik Worksheet) untuk menggantikan
      fungsi kertas (Paperless)
    2. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk memberikan jawaban ujian soal-soal pilihan ganda
      (Multiple Choice Test).
    3. Pada saat mengadakan ujian, instruktur dapat mengirimkan (Broadcast) lembar kerja (Soal
      berikut lembar jawaban) pada Monitor Siswa.
    4. Dengan lembar kerja elektonik ini, pada layar monitor siswa akan muncul antar muka lembar
      kerja yang berisi soal berikut lembar jawaban, siswa tinggal menjawab pada tombol jawaban
      di siswa yang sesuai dan setelah selesai jawaban akan dikirim dan disimpan dalam basis data
      Master Console.
    5.  Komputer dapat mengoreksi lembar jawaban untuk sosal-soal berganda dengan kunci
      jawaban telah terlebih dahulu dibuat oleh instruktur.
    6.  Setiap soal dapat diberikan tenggang waktu sesuai dengan bobot soal
  4. Bank Soal Terintegrated
    1. Guru dapat memilih soal yang akan digunakan untuk quiz dari bank soal yang sudah disediakan
      didalam database.
    2. Bank Soal yang sudah disediakan dalam data base meliputi mata pelajaran yang di UAN kan (
      Bhs.Indonesia, Bhs.Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, PPKn, IPA, IPS ) mulai dari tingkat
      SD – SMA selama 5 tahun ke belakang dan akan terus di up grade.
    3. Guru dapat menambahkan soal/quiz pelajaran yang lain ke dalam data base system.
    4. Pelaksanaan quiz dijalankan berdasarkan system jadwal, sehingga pembuatan soal dapat
      dilakukan sebelum pelaksanaan quiz.
  5. Text to Speech
    1. Guru memberikan materi soal / ujian berupa multiple choice dalam bentuk text tetapi akan
      distribusikan ke siswa berupa Voice (suara) dan siswa bisa menjawab pada tombol jawab di
      student console masing-masing.
  6. Scoring System
    1. Untuk mengetahui score / nilai siswa yang telah selesai mengadakan ujian / try out dengan
      urutan nilai tertinggi.
  7. Grafik
    1. Grafik perkembangan siswa bisa diketahui selama masa pembelajaran disekolah dalam mengikuti
      pelajaran sekolah, dan sebagai laporan kepada wali murid
  8. Reporting System
    1.  Komputer dapat memberikan laporan (Print Out Report) dari aktifitas yang dilakukan.
      Laporan yang bisa dilakukan adalah:
    2. Daftar Hadir Siswa
    3. Lembar Jawaban multiple choice dari semua peserta ujian baik secara perorangan atau
      seluruh kelas.
    4. Daftar Nilai untuk pilihan ganda yang telah dikoreksi oleh komputer.
    5. Dapat menyimpan data-data skor atau nilai ke dalam data base.
Tidak cukup dengan semua itu, lab multi education juga suport dengan SMS Gateway sistem. Dimana sistem ini sangat bermanfaat bagi orangtua siswa dalam memonitoring kegiatan belajar mengajar anak. keunggulan SMS gateway sistem antara lain
• Nilai dapat langsung dikirim ke orangtua Siswa
• SMS dapat menggantikan fungsi Buku Penghubung antara Sekolah dengan
Orang tua Siswa
• Lebih cepat dan akurat, siswa tidak dapat berbohong, bila mendapatkan
nilai rendah
• Lebih komunikatif dan aplikatif

Dengan peralatan yang lengkap dan berkualitas maka akan menghasilkan laboratorium yang berfungsi secara optimal. Sehingga siswa bisa menyerap setiap pelajaran dengan baik. Menariknya, kami memiliki harga yang cukup murah namun memiliki kualitas yang maksimal. Karena tujuan kami adalah menyediakan perangkat Laboratorium Multi Edukasi yang berkualitas namun dengan harga terjangkau